Menjalani kehidupan yang bahagia tanpa penyesalan pada usia 80

Apa rahasia hidup yang panjang, bahagia, dan sukses? Itu sepertinya pertanyaan yang sering kami tanyakan pada diri sendiri.

CEO Amazon Jeff Bezos telah berbagi pemikirannya tentang topik ini berkali-kali - dan dia mungkin akan membahas sesuatu.

"Ketika Anda berusia 80 tahun, dan dalam saat yang tenang refleksi meriwayatkan untuk diri Anda sendiri versi paling pribadi dari kisah hidup Anda, mengatakan yang akan paling kompak dan bermakna akan menjadi serangkaian pilihan yang telah Anda buat," Bezos mengatakan dalam pidato pembukaan 2010 di Universitas Princeton.

 Tujuan dari pidatonya, yang disebut "We Are What We Choose," adalah untuk menekankan perbedaan antara hadiah dan pilihan: "Kepintaran adalah hadiah, kebaikan adalah pilihan. Hadiah itu mudah - hadiah itu diberikan - semuanya diberikan. Pilihan bisa jadi sulit. Anda dapat merayu diri sendiri dengan hadiah Anda jika Anda tidak hati-hati, dan jika melakukannya, mungkin akan merugikan pilihan Anda. "

Dengan kata lain, tidak peduli seberapa sukses Anda menjadi, apa yang Anda akhirnya akan paling peduli di belakang bukanlah jumlah nol di rekening bank Anda, tetapi itu adalah pilihan yang Anda buat untuk mendapatkan di mana Anda berada.

Tetapi tanpa melihat ke belakang, bagaimana kita bisa tahu jika kita berada di jalan yang akan kita banggakan ketika kita melihat kembali kehidupan kita 10, 20 atau 30 tahun dari sekarang?

Perjuangan konstan dalam membuat pilihan
Dalam ceramahnya, Bezos menceritakan periode waktu di mana ia pertama kali muncul dengan ide untuk memulai bisnis toko buku online (yang nantinya akan menjadi apa yang seluruh dunia sekarang kenal sebagai Amazon).

Pada saat itu, dia tahu bahwa bergerak maju dengan gagasan itu akan menjadi langkah yang sangat berisiko.

Bezos bahkan bertanya kepada bosnya, yang katanya "brilian" dan "sangat dikagumi," untuk meminta nasihat. Dia diberitahu bahwa meskipun "terdengar seperti ide yang sangat bagus, itu akan menjadi ide yang lebih baik" jika Bezos belum memiliki pekerjaan yang baik.

"Pada akhirnya, kita adalah pilihan kita. Bangun sendiri cerita yang hebat." 
-Jeff Bezos, CEO, Amazon


"Itu benar-benar pilihan yang sulit, tetapi pada akhirnya, saya memutuskan untuk mencobanya. Saya tidak berpikir saya akan menyesal mencoba dan gagal. Dan saya curiga saya akan selalu dihantui oleh keputusan untuk tidak mencoba sama sekali. , "Kata Bezos. "Setelah banyak pertimbangan, aku mengambil jalan yang kurang aman untuk mengikuti hasratku, dan aku bangga dengan pilihan itu."

Pilihan 'sempurna' tidak ada
. Kebenaran dalam hidup adalah bahwa kita semua akan membuat pilihan yang akhirnya kita sesali. Ini disebut kegagalan, dan kegagalan bisa menjadi hal yang baik karena mengajarkan kita bagaimana menjadi lebih baik. Tetapi seiring bertambahnya usia, tujuan kita seharusnya meminimalkan jumlah kegagalan yang menyebabkan penyesalan.

"Pada akhirnya, kita adalah pilihan kita. Bangun sendiri cerita yang hebat," katanya menjelang akhir pidatonya.

Untuk membangun cerita yang hebat, Bezos menawarkan 12 pertanyaan dan mendesak semua orang untuk berpikir secara mendalam tentang mereka:

  1. Bagaimana Anda akan menggunakan hadiah Anda?
  2. Pilihan apa yang akan Anda buat?
  3. Apakah inersia akan menjadi panduan Anda, atau Anda akan mengikuti hasrat Anda?
  4. Apakah Anda akan mengikuti dogma, atau Anda akan menjadi orisinal?
  5. Apakah Anda akan memilih kehidupan yang nyaman, atau kehidupan yang penuh pelayanan dan petualangan?
  6. Apakah Anda akan layu di bawah kritik, atau Anda akan mengikuti keyakinan Anda?
  7. Apakah Anda akan menggertak ketika Anda salah, atau Anda akan meminta maaf?
  8. Apakah Anda akan menjaga hati Anda dari penolakan, atau apakah Anda akan bertindak ketika Anda jatuh cinta?
  9. Apakah Anda akan bermain dengan aman, atau apakah Anda akan sedikit bertele-tele?
  10. Ketika sulit, apakah Anda akan menyerah, atau apakah Anda akan tanpa belas kasihan?
  11. Apakah Anda akan menjadi sinis, atau Anda akan menjadi pembangun?
  12. Apakah Anda akan pintar dengan mengorbankan orang lain, atau Anda akan baik?

Meskipun pertanyaan-pertanyaan ini tidak memberikan resep yang sangat mudah untuk kebahagiaan, mereka dapat membimbing kita dalam membuat pilihan yang pada akhirnya akan membantu kita menjalani kehidupan yang kita banggakan.

Tidak semua dari kita akan mencapai puncak kesuksesan yang sama seperti Bezos, seorang miliarder yang dibuat sendiri dan orang terkaya di dunia. Tapi tidak ada alasan kita tidak bisa - atau tidak seharusnya - menantang diri kita sendiri untuk membangun cerita yang layak untuk diceritakan.

Tom Popomaronis adalah pakar perdagangan dan penduduk asli Baltimore yang bangga. Saat ini, ia adalah Direktur Senior Inovasi Produk di Hawkins Group . Karyanya telah ditampilkan di Forbes, Fast Company dan The Washington Post. Pada 2014, ia dinobatkan sebagai salah satu dari "40 Under 40" oleh Baltimore Business Journal. Ikuti dia di LinkedIn dan Twitter @tpopomaronis

Published on: 4/8/19, 5:42 AM